Home > Pengelolaan Kualitas Air > Penyakit Budidaya Perairan > Penyakit Pada Budidaya Perairan

Penyakit Pada Budidaya Perairan

Perairan merupakan suatu lingkungan hidup bagi biota air seperti ikan, serangga air, siput air, hewan renik, tumbuhan air, tumbuhan renik dan lain-lain. Pada lingkungan hidup ini akan terjadi interaksi antara biota (biotik) yang ada dengan lingkungan air (abiotik) sebagai media hidupnya, serta interaksi diantara biota air itu sendiri untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Sehingga interaksi ini membentuk suatu sistem lingkungan hidup yang berubah-ubah.

Akan tetapi sistem lingkungan hidup ini tetap menuju suatu keseimbangan yang konstan. Kecuali bila ada gangguan maka sistem lingkungan hidup berubah menuju keseimbangan yang baru. Perubahan sistem lingkungan hidup dapat diakibatkan antara lain oleh bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi maupun pencemaran oleh kegiatan industri dan masyarakat.

Kebutuhan hewan air untuk metabolisme didalam tubuhnya adalah dengan mendapatkan makanan yang sesuai, sedangkan bagi tumbuhan air adalah bagaimana mendapatkan unsur hara untuk kelangsungan hidupnya. Dari kebutuhan hidup bagi biota air tersebut akan membentuk suatu hubungan diantara biota air (simbiosis) yang berbeda-beda antara lain.
1) Parasitisme, yaitu biota air yang bersifat parasit dengan cara menghisap cairan tubuh biota air lain (inang) untuk kehidupannya. Biota air ini sangat merugikan bagi inangnya seperti ikan dan udang yang dibudidayakan. Hubungan parasitisme pada biota air dapat dilihat pada Gambar 1.
2) Mutualisme, yaitu biota air yang bersifat saling menguntungkan dengan biota air lainnya. Hubungan parasitisme pada biota air dapat dilihat pada Gambar 2.
3) Komensalisme, yaitu biota air yang bersifat menguntungkan sebelah pihak, sedang biota lain tidak terpengaruh. Hubungan parasitisme pada biota air dapat dilihat pada Gambar 3.
4) Pemangsaan, yaitu biota air yang bersifat carnivore dengan memangsa biota air lainnya yang beukuran tubuh lebih kecil. Hubungan parasitisme pada biota air dapat dilihat pada Gambar 4.
image
Gambar 1. Hubungan parasitisme antara Lernae cyprinacea dan Ikan Guppy

image
Gambar 2. Hubungan biota air bersifat mutualisme antara ikan Badut dan Anemon Laut

image
Gambar 3. Hubungan biota air bersifat komensalisme antara Ikan kecil dan Ikan Hiu

image
Gambar 4. Hubungan bersifat pemangsaan antara berang-berang dan ikan