" /> Sistem Bahan Bakar Pada Motor Diesel - TN Blogs
Home > Komponen Alat Berat > Sistem Bahan Bakar Pada Motor Diesel

Sistem Bahan Bakar Pada Motor Diesel

Sistem bahan bakar pada motor diesel memiliki peranan yang sangat penting dalam menghasilkan energi pembakaran sebagai suatu sistim yang berfungsi menyediakan dan mensuplai bahan bakar bertekanan tinggi ke dalam silinder. Dalam kerjanya sistim bahan bakar motor diesel memiliki syarat-syarat khusus diantaranya: harus memiliki tekanan tinggi sesuai agar dapat berpenetrsi ke dalam silinder, dan tepat waktu.
Pada motor diesel aliran bahan bakarnya dimulai dari tangki bahan bakar, feed pump, fuel filter, pompa injeksi, pipa tekanan tinggi dan nozzle.
 clip_image001
Gambar 4.39. Proses Aliran Bahan Bakar Pada Motor Diesel

Sistim injeksi bahan bakar motor diesel terdapat dua macam yaitu sistim injeksi bahan bakar tipe in-line atau sebaris dan sistim injeksi bahan bakar distributor. Gambar di bawah ini menunjukkan proses aliran bahan bakar pada motor diesel.
a) Tangki Bahan Bakar
Pada motor diesel, tangki bahan bakar sama persis dengan tangki bahan bakar motor bensin. Untuk lebih jelasnya baca kembali tangki bahan bakar pada motor bensin.
b) Saringan Bahan Bakar dan Water Sedimenter

 clip_image003
Gambar 4.40. Saringan Bahan Bakar danWater Sedimenter

c) Pompa Injeksi Tipe Distributor Water sedimenter berfungsi untuk memisahkan solar dari kandungan air.
Bila air mencapai tinggi tertentu maka magnet yang ada pada pelampung akan menutup reed switch dan menyalakan lampu indikator.
d) Untuk Pompa Injeksi Tipe In-Line
Fuel filter terbuat dari kertas dan pada bagian atas terdapat air vent plug yang digunakan untuk mengeluarkan udara (bleeding). Priming pump pada pompa injeksi terletak pada feed pump dan dipasangkan pada bodi pompa injeksi.

 clip_image004
Gambar 4.41. Saringan Bahan Bakar dan Sedimenter

e) Pompa Priming (Priming Pump)
Priming pump seperti pada gambar 4.42 di bawah berfungsi untuk menghisap bahan bakar dari tangki pada saat mengeluarkan udara palsu dari sistem bahan bakar. Priming pump ini digunakan biasanya ketika mesin mengalami kehabisan solar sementara mesin masih berputar, ketika bahan bakar telah diisi kembali barulah pompa ini dipakai untuk mengeluarkan udara palsu pada sistem.

 clip_image005
Gambar 4.42. Priming Pump

f) Feed Pump (Untuk Pompa Injeksi In-Line)
Feed pump berfungsi untuk menghisap bahan bakar dari tangki dan menekannya ke pompa injeksi. Feed pump adalah single acting pump yang dipasang pada sisi pompa injeksi dan digerakkan oleh camshaft pompa injeksi.

clip_image007
Gambar 4.43.Feed pump

g) Pompa Injeksi