Home > Instalasi Motor Listrik > Pengoperasian Motor Listrik > Lampu Indikator Motor Listrik

Lampu Indikator Motor Listrik

Lampu-lampu indikator merupakan komponen yang digunakan sebagai lampu tanda. Lampu-lampu tersebut digunakan untuk berbagai keperluan misalnya untuk lampu indikator pada panel penunjuk fasa R, S dan T atau L1, L2 dan L3. Selain itu juga lampu indikator digunakan sebagai indikasi bekerjanya suatu sistem kontrol misalnya lampu indikator merah menyala motor bekerja dan lampu indikator hijau menyala motor berhenti.
image
Gambar 5-8. Kontruksi lampu indikator.

image
Gambar 5-9. Penggunaan lampu indikator.

Menurut gambar rangkaian berikut ini, jika motor di stop, kontak normaly close kontaktor Mb tertutup, dan lampu indicator warna hijau menyala.
image
Gambar 5-10. Penggunanan lampu indicator pada rangkaian kontrol.

Jika kumparan kontaktor energize, lampu indikator merah menyala mengindikasikan bahwa motor jalan (berputar). Dalam kondisi ini, kontak Mb menjadi terbuka, dan lampu indicator hijau padam. Lampu indikator merah dihubungkan parallel dengan kumparan kontaktor sehingga motor akan berputar terus jika lampu indikator tersebut terbakar.
image
Gambar 5-11. Kumparan kontaktor energize.

Jika terjadi beban lebih, kontak normaly close OL terbuka, motor berhenti dan lampu indikator merah menyala, kontak Mb terbuka, lampu indikator hijau menyala dan kontak normaly open OL tertutup, lampu indikator kuning (A) menyala

TN

"Tasikmalaya, Indonesia"


"My Facebook"


"My Instagram"


"My Twitter"