" /> Pola Penumpukan dan Kekuatannya | TN Pangan
Home > Pertanian dan Perikanan > Mengangkut Bahan Hasil Pertanian > Pola Penumpukan dan Kekuatannya

Pola Penumpukan dan Kekuatannya

Pemuatan produk ke dalam kontainer harus dilakukan sedemikian rupa sehingga produk tidak bersentuhan langsung dengan dinding dan lantai kendaraan pengangkut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya perpidahan panas dari lingkungan luar. Penggunaan palet menjaga box karton tidak bersentuhan langsung dengan lantai, sementara pengaturan muatan dengan meletakkannya pada bagian tengah, menyisakan isolasi berupa ruang udara antara muatan dengan dinding luar.

Menurut Prambudi (2013) syarat yang paling penting dari Karton Box sebagai kemasan adalah daya muat (containability) dan kemampuan untuk ditumpuk (stacking strength). Cara Penyusunan tumpukan karton box merupakan faktor penting yang harus dipahami agar mampu mempertahankan bahan yang dikemas dengan efesiensi penggunaan ruang dan kekuatan kemasan yang optimal. Pada penyusunan karton box, kemasan paling bawah harus mampu menahan beban dari berat kotak-kotak yang ada diatasnya.

Karton box harusdapat berfungsi sebagai pelindung dan pada saat ditumpuk tidak boleh penyok atau berubah bentuk. Beberapa karton box yang disusun lurus dimana dinding karton saling bertemu mempunyai kekuatan yang paling bagus, sebaliknya jika kita menyusun sembarangan maka kekuatan bisa berkurang sampai 30%.Hal ini terjadi karena konstruksi sebuah karton box pada umumnya dibuat dengan arah flute vertikal (berdiri).

Pada saat flute berdiri fungsinya sebagai tiang penyangga atau kolom dalam bangunan sebuah karton. Jika deretan flute ini saling menumpang pada tiang dibawahnya maka susunan ini akan mempunyai kekuatan paling maksimal. Sebaliknya jika susunan karton tidak lurus maka tiang penyangga tidak bertumpu pada kolom dibawahnya.
image
Gambar 39. Tumpukan tidak lurus

Selain model susunanseperti di atas terdapat juga model susunan interlock. Model susunan interlock yaitu susunan karton box saling mengunci dengan harapan agar tumpukan tidak mudah roboh. Tumpukan model seperti ini dinding karton bagian atas tidak bertumpu pada dinding karton box dibawahnya. Akibatnya kekuatan tumpukan bisa bekurang hingga 40%.
image
Gambar 40. Susunan Model Interlock

Ketika menumpuk kotak, pastikan semua kotak disejajarkan dengan baik. Jika memungkinkan, tumpuk wadah tersebut sehingga sudut kotak dan sudut palet bertemu. Palet yang digunakan sebagai landasan tumpukan barang harus memiliki ukuran yang sesuai. Ukuran yang lebih besar akan mengurangi efisiensi ruangan. Sementara bila penggunaan palet kayu sebagai landasan memilikiukuran lebih kecil dibanding besarnya susunan karton box akan berakibat dinding karton box bagian luar tidak menumpang pada palet dan menggantung. Susunan seperti ini akan mengurangi kekuatan tumpukan hingga 30% .
image
Gambar 41. Susunan karton box pada landasan palet yang lebih kecil