Home > Pengelolaan Kualitas Air > Penyakit Budidaya Perairan > Penyakit Ikan Yang Disebabkan Cacing

Penyakit Ikan Yang Disebabkan Cacing

1) Class Monogenea
Monogenea adalah sejenis cacing yang menyerang bagian luar tubuh ikan, dari segi tempat penyerangannya dibagi menjadi dua jenis yaitu :
a) Cacing Dactylogyrus menyerang insang
b) Cacing Gyrodactylus menyerang kulit.

Sedangkan gejala atau tanda adanya parasite pada ikan adalah :
a) Insang ikan rusak, luka dan timbul perdarahan.
b) Sirip ikan menguncup, bahkan kadang terjadi kerontokan pada sirip ekor.
c) Ikan menggosok-gosokkan badannya ke dasar kolam atau benda keras lainnya.
d) Kulit menjadi berlendir dan berwarna pucat.

Cacing Dactylogyrus dan Gyrodactylus dapat dilihat pada Gambar 20.
image
Gambar 20. Cacing Dactylogyrus dan Gyrodactylus

2) Capillaria
Capillaria adalah nama jenis cacing dari genus nematode yang menyerang tubuh bagian dalam ikan. Cacing ini merupakan parasit pada sistem pencernaan dan juga pada hati ikan. Capillaria diketahui kerap menyerang ikan Diskus (Symphysodon spp) dan Angelfish (Pterophyllum spp). Pada infestasi ringan capillaria sering tidak menimbulkan gejala-gejala yang berarti. Sedangkan pada infestasi berat biasanya ditandai dengan gejala “emaciation” atau badan kurus, kehilangan nafsu makan, mengeluarkan kotoran berwarna putih dan tipis, atau kotoran dengan warna berselang-seling antara gelap (hitam) dan terang (putih).

Pada ikan mati, kehadiran cacing ini dapat diketahui dengan melakukan pembedahan dan pengamatan pada isi perut ikan tersebut. Capillaria pada umumnya memilki panjang antara 0.5 sampai 2 cm dengan diameter kurang lebih seukuran dengan rambut. Pada ikan hidup pengamatan dapat dilakukan pada kotoran ikan dibawah mikroskop, dengan mengamati telur Capillaria yang biasanya akan turut serta terbawa kotoran ikan yang bersangkutan.

Kehadiran Capillaria biasanya disebabkan oleh penularan dari ikan lain yang telah terinfeksi sebelumnya. Capillaria tidak memerlukan inang tertentu, sehingga infeksi hanya bisa dilakukan oleh ikan lain yang terinfeksi. Cacing Capillaria dapat dilihat pada Gambar 21.
image

Gambar 21. Cacing Capillaria