Home > Pertanian dan Perikanan > Sortasi dan Grading > Peralatan Sortasi dan Grading

Peralatan Sortasi dan Grading

Meja sortasi yang digabungkan dengan proses pengemasan merupakan alat sederhana yang dapat digunakan untuk melakukan proses sortasi dan grading. Produk yang datang ditempatkan dalam wadah sortasi, disortasi oleh seorang pekerja, kemudian dimasukkan ke dalam wadah pengemas dan akhirnya dikemas oleh pekerja kedua. Jika pekerja harus berdiri untuk menyortasi produk, maka diperlukan bantalan karet cukup tebal pada lantai agar dapat membantu mengurangi kelelahan.

Meja sortasi yang digabungkan dengan proses pengemasan diilustrasikan pada gambar berikut.
image
Gambar 5. Meja sortasi yang digabungkan dengan proses pengemasan

Selanjutnya adalah meja sortasi yang bergerak yang dikonstruksi dari kanvas dan mempunyai radius sekitar satu meter. Pinggirannya ditempel dengan gabus tipis untuk melindungi produk dari lecet atau memar selama sortasi, dan kemiringan dari pusat ke arah penyortir dibuat sekitar 10 derajat. Produk dapat ditumpahkan ke atas meja dari wadah pemanenan, kemudian disortir berdasarkan ukuran, warna dan/atau dilakukan pengkelasan, dan selanjutnya dikemas langsung ke dalam kemasan untuk proses selanjutnya.

Dalam meja sortasi ini bisa sampai empat tenaga sortir/pengemas dapat bekerja dengan nyaman mengitari meja. Gambar meja sortasi bergerak dapat dilihat pada gambar berikut.
image
Gambar 6. Meja sortasi berputar

Dalam melakukan sortasi dan grading untuk memisahkan bahan terbuang dan untuk mengeluarkan produk yang terlalu kecil, busuk atau rusak, tinggi tempat sortasi harus dibuat sedemikian rupa sehingga pekerja dapat bekerja dengan nyaman untuk melakukan pekerjaannya. Tempat duduk dan atau bantalan dari karet yang kuat untuk berdiri, perlu disediakan untuk mengurangi kelelahan. Lokasi meja dan wadah sortasi hendaknya dipilih untuk meminimalkan pergerakan tangan.

Tangan pekerja diharapkan mampu berputar dengan sudut 45 derajat untuk mencapai kearah meja, dan lebar meja hendaknya kurang dari 0.5 meter untuk mengurangi peregangan. Sinar yang baik (500 sampai 1000 lux pada permukaan pekerjaan) akan meningkatkan kemampuan tenaga sortasi untuk melihat produk cacat. Permukaan meja yang gelap atau buram juga dapat mengurangi kelelahan mata.